Senin, 21 April 2014

+6281-333-841183 (Telkomsel), Makanan Khas Melayu Pekanbaru, Makanan Indonesia Pekanbaru, Makanan Khas Indonesia Pekanbaru



Bolu Kemojo Pekanbaru, Bolu Kemojo Riau Pekanbaru, Bolu Komojo Khas Riau Pekanbaru, Bolu Kemojo Khas Riau Pekanbaru, Bolu Kemojo Kukus Pekanbaru, Wisata Kuliner Bolu Kemojo Pekanbaru, Resep Bolu Kemojo Khas Riau Pekanbaru, Harga Bolu Kemojo Pekanbaru, Artikel Bolu Kemojo Pekanbaru


Kue Bolu Kemojo merupakan salah satu kue tradisional asal Pekanbaru. Warnanya yang hijau cantik dengan rasa dan aroma pandan menjadi ciri khasnya. Indonesia memang kaya dengan berbagai macam sajiannya. Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi makanan khas riau.

Menurut Pimpinan juga pengelola makanan ciri Khas Melayu Riau ini yakni Dinawati, kepada Riau24.com Selasa, (15/1/14) mengatakan, "Makanan khas Riau bolu kemojo ini awalnya berbentuk bunga Kemboja meski pada perjalanannya hingga saat ini banyak bentuk-bentuk dan variasi baru yang bisa kita temukan termasuk dalam hal rasa dan aroma. Aroma khasnya menjadi beragam, durian, nangka, keju, coklat dan rasa lainnya", ujarnya.

Dinawati juga menerangkan makanan khas melayu Riau ini sengaja dibuat berbagai macam bentuk dan rasa agar makanan budaya riau ini tidak punah dan tetap digemari para Wisatawan yang berkunjung ke daerah Riau ini dan menjadikan makanan Budaya riau ini sebagai cendramata.

Sementara Menurut Ani salah seorang pelanggan salah satu makanan Khas bolu kemojo yang berada di Jalan Rajawali Pekanbaru bahwa bolu kemojo berbeda dengan makanan-makanan khas lainnya. Meski berbahan dasar sama, yaitu mentega, telur, gula pasir, dan tepung terigu namun ada yang berbeda. Jika makanan pada umumnya bertekstur halus, pada makanan khas yang berwarna hijau ini memiliki tekstur lebih kasar dan diberi campuran santan, jika ingin mengunyahnya akan butuh sedikit tenaga,

"saya sudah lama menjadi pelanggan disini, setiap hari libur dan setiap ada arisan atau hajatan di rumah saya selalu memesan Kue Bolu Kemojo ini, walau saya bukanlah asli orang Riau namun saya sangat tertarik dengan makanan khas Riau yang satu ini", ujar Ani.

Namun salah satu kekurangan dari Bolu Kemojo ini adalah tidak tahan lama karena memang dibuat tanpa bahan pengawet. Kurang lebih lima hingga tujuh hari makanan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Rasanya yang begitu manis menjadi ciri khas dari makanan ini dibanding makanan lainnya dan dengan teksturnya yang kasar serta lembut dibagian dalam menjadi keunikan tersendiri yang akan selalu dikenang oleh pecinta kuliner nusantara.

Di upload oleh : Lia Indah Kumala Putri (211296)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar